Profil Pepe Real Madrid, Bek Bertahan Andalan Banget!

Published by Brandon Perry on

Profil Pepe Real Madrid, Bek Bertahan Andalan Banget!

Profil Pepe Real Madrid, Bek Bertahan Andalan Banget! – Képler Laveran Lima Ferreira atau lebih dikenal dengan Pepe adalah pemain sepak bola Portugal yang lahir pada tanggal 26 Februari 1983 di Maceió, Brasil dan saat ini bermain sebagai bek untuk Beşiktaş JK. Terlepas dari kelahiran dan asal Brasilnya, Pepe memperoleh kewarganegaraan Portugis setelah bermain di Superliga selama lebih dari lima musim bersama Maritimo dan FC Porto.

Pepe memulai karir sepak bolanya di akademi Corinthians-AL, selama enam musim ia melatih bakat sepak bolanya di klub. Karir profesional Pepe dimulai di klub Maritimo B, di mana ia berhasil membobol tim utama klub Maritimo pada awal 2002. Setelah kontraknya habis, ia direkrut oleh FC Porto dari tahun 2004 hingga 2007 dan kemudian ditawarkan ke klub elit Spanyol Real Madrid pada tahun 2007.

Pepe bergabung pada 16 Juni 2007 dengan biaya transfer €30 juta, menjadi salah satu pemain termahal di dunia saat itu bersama Rio Ferdinand (Manchester United).

Karier Real Madrid hancur saat Pepe menendang kapten Getafe Javier Casquero dalam pertandingan Real Madrid vs Getafe (21 April 2009). Akibatnya, Pepe menerima larangan 10 pertandingan dan harus melewatkan sisa musim 2008-2009. Pepe saat ini bermain untuk Beşiktaş.

Ia tidak pernah bermain untuk Brasil di kompetisi internasional manapun selama karir nasionalnya tapi memilih Portugal sebagai negara keduanya pada Agustus 2007. Ia melakukan debutnya untuk Portugal pada 2008 dalam kualifikasi Kejuaraan Eropa melawan Polandia.

Di Piala Eropa 2008, Pepe mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 Portugal atas Turki pada 7 Juni 2008. Saat ini, Pepe juga tengah berjuang keras di laga Piala Dunia 2018 melawan Polandia. tim nasional Portugal. Baca juga profil fabio coentrao disini.

 

Perjalanan Karir

 

Marítimo

Lahir di Maceió, Alagoas, Brasil, Pepe dinamai sesuai nama ayahnya Kepler Lavera untuk menghormati ilmuwan Johannes Kepler dan Charles Louis Alphonse Lavera. Dia memulai sepak bola dengan tim lokal Corinthians Alagoano. Pada usia 18, ia pindah ke Portugal dengan rekan setimnya Ezequias untuk menandatangani kontrak dengan Marítimo di Madeira dan menghabiskan sebagian besar musim pertamanya dengan tim B.

Setelah dipromosikan ke skuad utama pada musim 2002–2003, di bawah manajer asal Rusia Anatoliy Byshovets, Pepe jarang melewatkan pertandingan, bermain di beberapa posisi termasuk gelandang bertahan.

Selama pramusim 2002–2003, Pepe diberi izin untuk berlatih dengan Sporting CP selama dua minggu. Setelah itu kesepakatan dapat dinegosiasikan untuk transfernya. Namun, kedua klub tidak dapat menyetujui persyaratan keuangan dan negosiasi gagal. Pepe pun kembali dan membantu Marítimo finis keenam pada musim berikutnya dan lolos ke Piala UEFA. Setelah berkontribusi dengan mencetak 1 gol dan bermain dalam 30 pertandingan.

 

Porto

Pada Mei 2004, tak lama sebelum Porto menyegel gelar treble, Pepe menandatangani kontrak dengan Porto. Pada musim pertamanya, saat masa kepelatihan Víctor Fernández, Pepe sering dimainkan sebagai cadangan untuk bek-bek veteran seperti Pedro Emanuel, Jorge Costa dan Ricardo Costa. Namun, pada musim berikutnya, di bawah bimbingan pelatih Co Adriaansen, ia mampu memantapkan dirinya sebagai salah satu bek terbaik di kompetisi domestik: pelatih asal Belanda itu sering memilih sistem serangan 3-4-3 bersama Pepe sering diberi kesempatan bermain sebagai bek tunggal, satu-satunya stopper alami. Porto kemudian memenangkan liga dan Taça de Portugal.

 

Beşiktaş

Pada Juli 2017, tim Süper Lig Turki Beşiktaş mengumumkan kedatangan Pepe dengan status bebas transfer dari Real Madrid. Kontraknya bernilai total 9,5 juta euro dan berlaku selama dua tahun. Pada 13 Agustus, Pepe mencetak gol pertamanya dalam kemenangan kandang 2-0 melawan Antalyaspor.

Pada 19 April 2018, ia menerima kartu merah pertamanya untuk Beşiktaş di leg kedua Piala Turki melawan Fenerbahçe setelah melakukan tekel terhadap Souza. Pertandingan kemudian dibatalkan ketika pelatih Beşikta terkena benda yang dilemparkan dari tribun.
17 Desember 2018 Pepe membatalkan kontraknya dengan Beşiktaş dan disepakati bersama.

 

Kembali ke Porto

08/01/2019 Pepe kembali ke Porto setelah lebih dari sepuluh tahun dengan kontrak 2 setengah tahun. Seminggu kemudian, ia memainkan pertandingan pertamanya untuk Porto sejak 2007 di perempat final Taça de Portugal 2018–19. Dengan kemenangan tandang 2-1 melawan Leixões. Timnya finis kedua di liga pada hari terakhir musim 2018–19 dan kalah di final piala melalui adu penalti dari Sporting. Tetapi memenangkan kedua turnamen pada 2019–20.

Setelah kepergian Danilo Pereira ke Paris Saint-Germain, Pepe diangkat menjadi kapten klub pada 12 Oktober 2020. Bulan berikutnya, ia memperpanjang kontraknya hingga 2023.